Prospek Budidaya Ikan Lele Yang Menggiyurkan

Budidaya Ikan Lele sekarang ini digemari para peternak, disisi lain mudah merawatnya dan hasilnya pun bikin menggiyurkan. Budidaya ikan lele ini tidak harus mempunyai lahan yang besar, anda memiliki lahan minim pun dapat menjalankan prospek ini. Jika anda berkeinginan berbisnis peluang ini, anda pas sekali mampir ke blog ini, soalnya kami akan mengupas mengenai Prospek Budidaya Ikan Lele Yang Menggiyurkan, silahkan baca dengan lengkap. 

Prospek Budidaya Ikan Lele

Tingkat Konsumsi Ikan

Indonesia jadi Negara dengan jumlah masyarakat yang begitu besar adalah pasar mungkin untuk product perikanan. Terlebih kenyataan sekarang ini tunjukkan mengkonsumsi ikan perkapita Indonesia masih tetap begitu rendah bila dibanding dengan mengkonsumsi masyarakat negara berkembang yang lain. Bila kita lihat pada angka mengkonsumsi perkapita ikan yang di keluarkan Kementrian Kelautan pada th. 2011, Indonesia cuma ada diangka 31, 5 kg per tahun, banding dengan Malaysia yang meraih 55, 4 kg per tahun. Cuma saja yang menjanjikan yaitu perkembangan rata-rata atau kenaikan jumlah mengkonsumsi ikan di Indonesia yang naik 16, 7 % per tahun. Jauh di atas Malaysia yang cuma 1, 26 % per tahun.

Seperti di ketahui luas, daging ikan memiliki kandungan gizi yang baik. Ikan dilihat jadi sumber protein hewani yang baik di banding sumber yang lain. Dalam daging ikan ada asam lemak bebas omega-3, satu zat yang begitu bermanfaat untuk perubahan kecerdasan pada anak-anak. Omega-3 berguna juga menghimpit cholesterol dalam darah. Dengan tumbuhnya perekonomian Indonesia, kesadaran orang-orang bakal mengkonsumsi ikan makin tinggi. Ditambah lagi dengan terdapatnya program Suka Makan Ikan yang dikampanyekan Kementerian Kelautan, angka mengkonsumsi selalu bergerak naik.

Aspek Budidaya Ikan Lele

sesudah lele sukses dikawinkan bakal diperoleh larva ikan, jumlahnya tidak sama untuk tiap-tiap type ikan lele. Ikan lele lokal bakal hasilkan sekitaran 4000 telur yang siap jadi larva, ikan lele sangkuriang hasilkan 30.000 - 40.000 telur. Penetasan telur jadi larva memerlukan saat 1 sampai 2 hari. Lalu butuh saat sekitaran 7 hari lagi supaya larva kuat untuk dipindahkan. Sesudah larva jadi, diperlukan saat sampai 1 - 2 bln. untuk membesarkan ikan lele sampai memiliki ukuran 5-10 cm. 

Pembesaran ikan lele diawali dari ukuran 5-10 cm, namun sekarang ini cukup susah memperoleh bibit ukuran 10 cm. Untuk membesarkan lele dari type sangkuriang hingga ukuran mengkonsumsi, 9-10 ekor/kg, diperlukan 60 hari. Rasio pakan jadi daging untuk type lele sangkuriang begitu tinggi, dapat meraih 1 : 1. Berarti tiap-tiap pemberian pakan sejumlah 1 kg bakal dibuat 1 kg peretambahan berat lele.

ANALISA HITUNGAN MODAL DAN KEUNTUNGAN BUDIDAYA LELE

Ada beberapa hal yang harus anda ketahui yaitu aspek modal yang harus dipersiapkan, dan perkirakan laba yang bisa didapatkan dan sebagainya.

Analisa Budidaya Ikan Lele

1. Bibit ikan lele = 5000 ekor x 200 rupiah, jadi Rp.1.000.000
2. Pakan selama 2 bulan = 160 kg x Rp.8.000, jadi Rp.1.280.000
3. Anggaran Lain-Lain = Rp.300.000

Jadi Totalnya adalah: Rp. 2.580.000

Apabila ada perkiraan pada saat panen dengan jumlah kematian ikan 25% dari 5000 ekor bibit lele yang kita taruh, maka lele yang siap dipanen ada sisa sekitar 3.750 lele. Jika kita ambil perkiraan harga lele/kilonya adalah Rp.10.000. Jika dalam 1 kilogramnya berisi 7 ikan lele, maka anda akan menghasilkan 536 kilogram. Dan laba yang anda peroleh dari penjualan dalam satu kali panen adalah :

Hasil panen 1 x (536 kg x 10.000) = Rp. 5.360.000
Untung (Rp. 5.360.000 - 2.580.000) = Rp. 2.780.000

Angka yang tertera diatas hanyalah perkiraan saja, bisa saja kita mendapatkan lebih banyak keuntungannya, yaitu di atas 2 juta rupiah per satu kali panen. Yang pasti budidaya lele harus ada perhitungan dan perkiraan, bisa menjadi kerjaan sampingan dan bahkan dapat menjadi pekerjaan yang utama.


Demikian yang kami sampaikan kepada anda mengenai Prospek Budidaya Ikan Lele Yang Menggiyurkan, semoga dapat menjadi manfaat dan menghasilkan untuk anda semua.