Cara Budidaya Ikan Lele Cepat Panen

Semakin maraknya usaha warungan atau cafe pecel lele dikota-kota besar, dan peluang budidaya lele pun menjadi menggiurkan. ikan lele merupakan ikah air tawar yang dibudidaya untuk diambil dagingnya untuk dikonsumsi manusia setiap hari, untuk mendapatkannya sangat mudah karena selain harga yang ditawarkan sangat murah juga banyak tersedia dipasaran, oleh karena itu bagi  orang yang menjadikan ikan lele sebagai favorit lebih bisa memakannya.


Budidaya Ikan Lele Cepat Panen

Banyak pembudidaya ikan lele yang berhasil, walau demikian ada juga orang yang berusaha untuk membudidaya ikan lele namun tidak berhasil berulang-kali, oleh karena itu satu apa pun mesti diberi dengan pengetahuan yang benar, budidaya ikan lele harus juga memerlukan pengetahuan yang benar juga supaya budidaya ikan lele dapat sukses.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam bisnis ternak lele ini. Kami berikan Cara Budidaya Ikan Lele Cepat Panen sebagai berikut:

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk budidaya ikan lele adalah menyiapkan tempat ikan lele, dan setelah menyiapkan kolam ikan berupa kolam semen, kolam terpal, kolam tanah , langkah selanjutnya adalah memilih bibit yang berkualitas. Bibit ikan yang berkualitas adalah bibit ikan lele yang sehat, bugar, senang berenang dengan cepat serta makannya rakus.

Setelah memperoleh ikan lele yang berkualitas, langkah selanjutnya adalah membesarkan ikan lele dengan baik, tentunya dengan keadaan kolam yang bersih, dan pemberian pakan yang berkualitas.

Mari kita mulai cara budidaya ikan lele. Kami berikan ulasanya dibawah ini.

1. Persiapan (Termasuk Kolam)
2. Memilih Benih
3. Pemeliharaan dan Panen

Pertama, Persiapan Benih Lele dan Pembuatan Kolam Lele

Ukuran benih yang mengedar dipasaran, biasanya bibit lele di jual dipasaran pada ukur 3-5 s/d 9-12 ini memiliki arti kalau 3-5 (bibit ini memiliki panjang kisaran 3cm hingga 5cm panjangnya). Kita anjurkan untuk pemula budidaya pembesaran pilih minimum bibit yang memiliki ukuran 5-7. karna bila memakai bibit pada ukuran itu kita lebih gampang menjaga karna kita dimuka budidaya ikan lele.

Bagaimana kita bila memakai bibit ukuran semakin besar dari 5-7, Ya semakin bagus namun modalnya semakin lebih besar. bila dalam budidaya kita memakai bibit yang ukuran kecil jadi sortir yang bakal dikerjakan juga hingga 3 kali, tetapi bila 5-7 cuma 1 kali bahkan juga bisa saja bila tumbuhnya seragam besarnya atau tidak terpaut banyak besarnya tidaklah perlu dikerjakan sortir.

Perlu anda ketahui kolam lele ada dua macam yaitu kolam dari terpal dan kolam dari galian untuk lele sebaiknya pemilihan kolam di sesuaikan dengan lahan tertentu atau khusus. Secara teknis pembenihan ikan lele mempunya kolam beberapa tingkatan yaitu :

1. Kolam tandon yaitu merupakan kolam untuk pengendapan lumpur dan juga persediaan air dan penumbuh plankton.
2. Kolam pemijahan yaitu merupakan kolam tempat perkawinan induk jantan dan betina.
3. Kolam pendederan yaitu merupkan kolam untuk pembesaran anakan yang telah menetas yang berumur 4-5 hari .

Kedua, Pemeliharaan Ikan dan Panen

1. Pemberian pakan, pilihlah pakan yang mempunyai kualitas yang tinggi, agar ikan lele dapat bertumbuh dengan cepat.
2. Jadwal pemberian pakan
Pemberian pakan disini adalah diberikan sebanyak 3 kali/sehari, dalam pemberian pakan ini juga harus diperhatikan ukurannya. Sebaiknya ukuran pemberian pakan/pelet itu adalah 1:1/2:1 (pagi), 1 (siang), dan sorenya juga 1.
3. Penggantian air juga diperhatikan
Dalam kurun waktu 3 bulan sebaiknya ganti airnya sebanyak 1 kali pada 1,5 bulan setelah penebaran, hal ini bertujuan untuk tidak mudah mati ikan lelenya. 
4. Menjaga kesehatan lele
Supaya proses pembesaran lele berjalan dengan baik dan bagus, anda dapat gunakan pribiotik untuk menjaga kesehatan ikan.

Demikian ulasan Cara Budidaya Ikan Lele Cepat Panen yang kami sampaikan. Semoga ikan lele anda dapat dipanen dengan kurun waktu yang singkat dan membuahkan hasil yang diharapkan. Terima kasih sudah berkunjung di website kami. Jangan lupa baca artikrel yang lainnya di Info Beternak Hewan yang tidak kalah pentingnya. Sampai ketemu dengan artikel kami yang lain.